Apa itu Kecerdasan Buatan (AI) dan Apa Saja Manfaatnya?

Apa itu Artificial Intelligence?

 

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah ilmu komputer yang memanfaatkan strategi atau teknik untuk membuat mesin memiliki kecerdasan seperti manusia. Contohnya dapat berbicara layaknya manusia, berkreativitas dengan seni, ataupun sekedar merespons apa yang diucapkan manusia.

 

AI membutuhkan big data atau informasi dalam jumlah yang sangat besar. Nantinya, AI akan mempelajari data tersebut, menciptakan sistem pembelajaran secara mandiri, lalu memperoleh wawasan dari data tersebut.

 

Dari wawasan yang didapatkan tersebut, maka kecerdasan buatan dapat menerapkannya untuk hal-hal yang berhubungan dengan pemecahan masalah seperti halnya yang dilakukan manusia. Sistem AI dapat bekerja secara real time sehingga banyak diimplementasikan dalam berbagai bidang.

 

Teknologi kecerdasan buatan sendiri sudah diawali sejak tahun 1950-an. Para ilmuwan komputer berlomba-lomba mengembangkan algoritma machine learning. Apalagi saat itu didukung oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) dari US yang menyediakan banyak modal sebagai sumber penelitian.

 

Di tahun 1980-an, perkembangan AI telah mencapai tahap lanjut karena telah menggunakan konsep deep learning. Kemudian sekitar awal 2000-an, tujuan inti AI telah banyak yang tercapai seperti halnya pembuatan AI yang dapat mengalahkan ahli catur dunia saat itu.

 

Kini, perkembangan AI telah berkembang begitu pesat untuk membantu melakukan tugas kompleks yang bahkan tidak bisa dilakukan manusia. Artificial intelligence mampu mengambil keputusan sendiri, belajar secara mandiri, dan melakukan sesuatu tanpa campur tangan manusia.

 

Teknologi Dibalik Artificial Intelligence

 

Bisa dibilang, neural network deep learning merupakan inti atau pondasi dari teknologi AI. Dengan menggunakan konsep seperti sel neuron yang terdapat pada otak manusia, maka teknologi ini dapat melakukan proses seperti yang dilakukan oleh otak. Nah, untuk mengembangkan AI, maka dibutuhkan beberapa teknologi berbasis neural network seperti:

 

1. Computer Vision

 

Bagaimana komputer dapat melihat dan memahami suatu data-data sehingga dapat diinterpretasikan sesuai output yang diminta? Tentunya menggunakan deep learning yang akan mengekstrak informasi dari teks, audio, gambar, maupun video. Dengan ini, maka komputer bisa memahami gambar ataupun video seperti manusia.

 

2. Natural Language Processing (NLP)

 

Dalam prosesnya, NLP menggunakan deep learning untuk memahami suatu informasi dari data yang ada. Dengan sistem ini, maka komputer dapat melakukan beberapa aktivitas seperti otomatisasi chatbot, menjawab tiap query pengguna, meringkas dokumen, hingga untuk keperluan analisis sentimen.

 

3. AI Generatif

 

AI generatif memungkinkan komputer dapat membuat konten dari prompt yang dimasukkan pengguna. Hasil outputnya yaitu berupa konten yang kreatif dengan kualitas tinggi yang begitu natural seperti buatan manusia. Namun, prosesnya membutuhkan deep learning dan juga serangkaian data dalam jumlah yang sangat besar.

 

Manfaat Artificial Intelligence untuk Perusahaan

 

Banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dari artificial intelligence yang akan memberikan ragam manfaat bagi perusahaan atau industri seperti halnya:

 

  • Meningkatkan efisiensi bisnis mengingat AI dapat menggantikan tugas manusia secara manual dengan sedikit atau tanpa kesalahan. Bahkan AI dapat bekerja penuh 24/7 tanpa harus kehilangan performanya.
  • Otomatisasi proses bisnis untuk keperluan menyelesaikan tugas-tugas dalam jumlah banyak dengan waktu yang secepat mungkin. Dengan otomatisasi, maka kebutuhan karyawan pun tidak banyak dengan memiliki kinerja yang lebih baik.
  • Sarana pemecahan masalah kompleks karena AI mampu menemukan pola, menganalisa, mengidentifikasi, dan memberikan jawaban atas hal spesifik yang dituju. Seperti untuk membantu mengidentifikasi nasabah berisiko hingga mendeteksi penipuan (fraud detection solution).

 

Demikian serangkaian hal menarik seputar artificial intelligence yang penggunaannya telah masuk ke dalam kehidupan kita sehari-hari.